SARINAH Akan Mewujudkan Tagline "The Window Of Indonesia"


Senin, 19 Maret 2018 Sahabat TDB (Tau Dari Blogger) mendapatkan kesempatan untuk Ngobrol Bareng Sarinah bersama Direktur Utama PT. Sarinah Persero GNP Sugiarta Yasa, Direktur Retail Lies Permana Lestari dan Direktur Keuangan Bayu Rafisukmawan.

Ini merupakan pengalaman pertama dan pengalaman yang berharga bagi saya, karna saya bisa tau tentang sejarah dari Sarinah dan perkembangan Sarinah di era digital sekarang.

Sarinah adalah Pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dengan 15 lantai yang terletak di Thamrin, Jakarta. Pada 17 Aguatus 1962 Presiden Soekarno melakukan peletakkan batu pertama dan pada tahun 1967 Sarinah diresmikan oleh Presiden Soekarno.

Proyek monumental ini sebagai Departement Store dan Pengembangan Perekonomian Usaha Kecil. Sarinah merupakan Gedung pencakar langit pertama di Jakarta, kemudian Sarinah menjadi ikon dan magnet warga kota pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia.

Nama Sarinah berasal dari nama pengasuh Presiden  Soekarno pada masa kecil, seorang rakyat kecil yang memiliki hati besar membuat Soekarno dapat mencintai  rakyat kecil dari seorang Sarinah.

Sarinah baru membuka Tempat nongkrong yang khas dengan makanan dan minuman kota Aceh Resto & Coffee Atjeh Connection. Menu makanannya sangat beragam ada Mie aceh seafood, Tumis Kailan, Ayam Tangkap, Ikan kayu dan Nasi goreng aceh, selain makanan ada juga minumannya yang engga kalah nikmat seperti, Kopi Sanger, dan Teh Tarik.

Mie Aceh
Ayam Tangkap
Ikan kayu

Pada awal tahun 2017 Direktur Utama PT Sarinah Persero GNP Sugiarta Yasa menahkodai peremajaan Sarinah dan menjadikan Sarinah lebih relevan bagi kalangan milenial, karna menurut GNP Sugiarta Yasa “Orang datang ke departement store atau ke mall tidak semata-mata belanja tapi lebih  banding-bandingin, apalagi anak muda zaman now lebih suka berbelanja online, mereka liat di online ada baju menarik disana ada tidak di pegang dan mereka akan belanjanya secara online lagi”.

Sarinah memiliki tiga core, yaitu Retail, Tranding dan Property. Game changersnya ada pada tranding karna besar sekali peluangnya, di retail marginnya yang besar, kalau numbers yang besar di tranding dan property.

Sarinah juga mempunyai Visi dan Misi.
 Visi Sarinah Menjadi Peritel Terdepan Produk Unggulan Bercirikan Budaya Indonesia. 
Sedangkan Misi Sarinah ada 4, yaitu:
  1. Meningkatkan perdagangan produk unggulan Indonesia yang memenuhi harapan seluruh pemangku kepentingan.
  2. Menjadi katalis pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bidang industri kreatif  bercirikan budaya bangsa.
  3. Mewujudkan budaya korporasi yang unggul dan berkredibilitas tinggi.
  4. Mengoptilmasi seluruh aset properti perusahaan sehingga memberikan nilai tambah yang optimal bagi perusahaan..
Mengedepankan tagline “ The Window Of Indonesia” Sarinah menjadi tempat mendisplay, memasarkan dan menjualkan produk-produk unggulan Indonesia yang dihasilkan oleh UKM-UKM dari sabang sampai merauke. Produk hasil UKM sudah diekspor ke berbagai negara seperti: Thailand, Myanmar, Chili, Spanyol, Jerman, Lebanon, Vietnam, china dan Djibouti.





Jumlah  UMKM di Indonesia dari  Kementerian Koperasi berjumlah 55 juta UMKM kontribusi UKM Indonesia terhadap perekonomian cukup besar 61.41 persen, sementara tenaga kerja UKM didominasi hampir 97 persen dari total tenaga kerja nasional. Jumlah UKM telah mencapai 60 unit.

Sarinah selalu melakukan pembinaan dan pelatihan kepada seluruh UKM di Indonesia agar produk yang dihasilkan berkualitas dan  punya kelas.

Pada tahun ini akan ada perhelatan besar di Indonesia, yaitu ASIAN GAMES 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Sarinah bekerja sama dengan INASGOC untuk menjualkan merchandise dari ASIAN GAMES dan buat para official, atlet, peserta dan pengunjung akan dibuatkan jadwal untuk berkunjung ke Sarinah. 

Cara ini juga menjadi target Kementerian Pariwisata untuk mendatangkan Wisatawan lokal dan Wisatawan mancanegara, hal ini telah disepakati dalam Co-Branding sebagai official partner.

Sarinah menyadari bahwa generasi muda Indonesia sangat kreatif, maka Sarinah secara sukarela melakukan miniseminar, mengundang anak muda membangun startup menggunakan media Sarinah dan di beri judul "Tourism & Craft Startup Deveploment".

Oohhh yyaaa.... ternyata Sarinah punya media sosial juga loohh.... engga mau kalah nih sama anak zaman now. Tapi Sarinah punya tujuan untuk mendekatkan diri dengan para pelanggannya dan mengajak generasi muda lebih mengenal Sarinah.
Webstore www.sarinahonline.co.id
Website www.sarinah.co.id
Fanpage Sarinah Indonesia
Youtube Sarinah Indonesia
Instagram @sarinahindonesia
Twitter @sarinahPersero
Facebook Sarinah.
#NgobrolBarengSarinah






Komentar

  1. Pengalaman giru yang terbaik.... Terus belajar dan banyak membaca referensi buku lainnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berobat Lebih Nyaman dan Mudah Bersama Aido Health

Cukup Satu Website Sudah Bisa Mendapatkan Berbagai Macam Tutorial dan Tips&Trik