Jaga Keluarga, Jaga Kualitas Udara STOP PNEUMONIA



Haiii Apa Kabar??

Sudah lama aku tidak menyapa kamu (pembacablogaku), maaf ya aku jarang banget update artikel baru. Tapi sekarang aku mau update artikel baru, mau tau tidak tema artikel kali ini apa? Langssuunng aja yuukkk..... CEKIDOOOTT!!!!


Sebagai Ibukota Indonesia DKI JAKARTA, menjadi daerah paling besar mobilitas warganya dan wilayah paling banyak meghasilkan polusi udara. Karnanya banyaknya kegiatan manusia, trasportasi, industri, pembangkit listrik, dan pembakaran limbah sampah. Udara di DKI JAKARTA sudah tercemar dengan polusi kendaraan dan pabrik, Maka dari itu menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting.

Pencemaran Udara adalah masuknya atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan kepada kesehatan manusi secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan. Polutan PM2.5 (Partikulat halus berukuran <2,5um) sangatlah berbahaya karna dapat berpenetrasi menebus bagian terdalam paru-paru dan sistem jantung dan memberikan konstribusi besar pada kematian akibat gangguan kesehatan terkait pencemaran udara.

DKI JAKARTA memiliki 5 Stasiun Pemantau Kualitas Udara :

  1. Bundaran HI (DKI 1)
  2. Kelapa Gading (DKI 2)
  3. Jagakarsa (DKI 3)
  4. Lubang Buaya (DKI 4)
  5. Kebun Jeruk (DKI 5)
* 3 Mobile Stasion, digunakan saat HBKB di 5 wilayah kota administrasi.


Stasiun Pemantau Kualitas Udara DKI JAKARTA

Selalu rutin melakukan pengecekan kualitas udara di DKI JAKARTA, agar kualitas udara di DKI JAKARTA tetap sehat, terjaga dan terkendali. Ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan untuk memperbaikin kualitas udara di DKI JAKARTA, yaitu 
  • Menggunakan Transportasi Massal
  • Menanam Pohon Di Lingkungannya
  • Uji Emisi Kendaraan Bermotor Secara Berkala
  • Menggunakan Bahan Bakar yang Lebih Ramah Lingkungan
  • Tidak Membakar Sampah
  • Menghemat Konsumsi Energi
  • Menghemat Listrik



PNEUMONIA

                Pembunuh Utama Yang Terabaikan 


Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Pneumonia bisa menimbulkan gejala yang ringan hingga berat. Sering terjadi pada usia bayi, anak maupun usia dewasa.

Pneumonia diklasifikasikan berdasarkan jenis kuman penyebab penyakit dan lokasi penularan. Infeksi paru-paru yang ditularkan di lingkungan umum atau pneumonia komunitas akan lebih mudah diobati dibandingkan pneumonia yang ditularkan di rumah sakit. Berikut jenis organisme yang paling sering ditemui:

  • Penyebab infeksi Pneumonia secara global 70% Bakteri, seperti Streptococcus pneumoniae yang biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dan Mycoplasma pneumoniae juga bisa sembuh dengan beristirahat dan perawatan mandiri.
  • Jamur. Banyak menyerang orang dengan imunitas lemah dengan lokasi penyebaran yang beragam.
  • Virus, termasuk juga Covid-19. Virus penyebab masuk angin dan flu juga bisa berujung pada pneumonia. Umumnya pneumonia virus tidak berbahaya, tapi pada kasus tertentu seperti Covid-19 bisa menimbulkan komplikasi akut.

Gejala Pneumonia mirip dengan flu dan batuk, hanya saja biasanya berlangsung lebih lama, seperti:

  • Sakit pada area dada saat batuk
  • Muncul rasa kebingungan pada pasien usia 65 tahun ke atas
  • Batuk berdahak
  • Pusing
  • Demam, berkeringat, dan menggigil
  • Mual, muntah, dan diare
  • Sesak napas
Cara mencegah Pneumonia pada anak ada 4, yaitu :
  1. Asi ekslusif, menyusui + MPASI
  2. Tuntaskan imunisasi
  3. Obati ke Fasilitas Kesehatan jika sakit
  4. Pastikan kecukupan gizi dan hidup bersih sehat

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) adalah  infeksi saluran pernapasan akut yang menyerang salah satu bagian saluran napas, mulai dari saluran atas (hidung) hingga saluran bawah (alveoli). ISPA yang berlarut-larut akan berlanjut menjadi pneumonia.

Virus ISPA  (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), Influenza dan Corona (SARS, MERSCoV, COVID19) yang umumnya mengakibatkan Pneumonia dan cenderung fatal. Bakteri ISPA  (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), Difteris Pertusis, dan Pneumonia.

Secara global Pneumonia masih menjadi masalah kesehatan terutama pada anak. 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berobat Lebih Nyaman dan Mudah Bersama Aido Health

Cukup Satu Website Sudah Bisa Mendapatkan Berbagai Macam Tutorial dan Tips&Trik