Langsung ke konten utama

Achmad Irfandi Pahlawan Generasi Z Mengatasi Kecanduan Gadget


Dhesaku


Berkembang zaman dan semakin berkembangnya teknologi membuat semua menjadi serba mudah dan  praktis, hanya menggunakan satu benda bisa mengakses semua hal dan bisa melakukan hampir semua aktivitas. Setiap hari tidak pernah lepas dari Gadget laki-laki, wanita, dewasa, anak kecil hampir setengah dari harinya mengakses gadget. Benda pipih yang super canggih dan pintar membuat semua orang tergantung olehya. 

Gadget adalah media yang di pakai sebagai alat komunikasi modern. Gadget semakin mempermudah kegiatan komunikasi manusia. Kini kegiatan komunikasi telah berkembang semakin lebih maju dengan munculnya gadget. Diantaranya smartphone seperti iphone, android, ipad serta laptop.  Gadget memiliki dampak dan pengaruh besar terhadap anak - anak, penggunaan gadget yang berlebih akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying. Ada juga dampak positif nya membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halusnya. Penting bagi orang tua untuk mewaspadai efek tersebut agar dapat membantu anaknya menggunakan gadget dengan cara yang bermanfaat bagi perkembangannya.

Achmad Irfandi Pemuda asal Wonoayu Sidoarjo mendirikan yayasan dengan tujuan untuk  melestarikan ragam permainan tradisional anak supaya tidak punah yang dibangun pada tahun 2018 didepan rumahnya yang diberi nama Yayasan kampung Lali Gadget (KLG). Berdasarkan kekhawatirannya terhadap bahaya kecanduan gadget yang dialami anak-anak. Meski di kampungnya tidak ada kasus serupa, Irfandi menggerakkan kegiatan ini untuk mengantisipasi kecanduan gawai bisa terhindar di lingkungan tempat tinggalnya. Fokus kegiatan ini mengadakan program konservasi budaya untuk mengangkat permainan tradisional yang ternyata cukup efektif untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari gawai. 

Jawapos.com

Kampung Lali Gadget merekrut kawan-kawan pemuda di Desa Pagerngumbuk dan pemuda di Sidoarjo. Pemberdayaan pemuda dan masyarakat dilakukan di dalam dan di luar desa. Pemuda yang diberdayakan bertugas sebagai perencana, fasilitator edukasi, dan pendamping. Kampung Lali Gadget dipenuhi beragam alat permainan tradisional yang lekat sekali dengan anak-anak. 

Awal perjuangannya mendirikan Yayasan Kampung Lali Gadget  terbilang sulit, irfan harus bersurat ke sekolah-sekolah terdekat agar mau mengirimkan perwakilan muridnya untuk datang ke yayasan dengan bangunan semi terbuka yang dikelilingi sawah dan kebun serta identik dengan perkampungan yang cukup jauh dengan jalan raya utama. Tidak berhenti di situ, Irfan juga harus memutar otaknya untuk mencari biaya dalam mendirikan Yayasan Kampung Lali Gadget yang bertujuan untuk mewadahi dan memfasilitasi aktivitas pendidikan bermain secara gratis bagi anak-anak.

Anak-anak yang datang akan diajak bermain secara tematik dengan permainan berbahan alam. Selain itu anak-anak bisa mencoba permainan tradisional yang disediakan di pendopo yayasan itu seperti egrang, klompen tali, klompen panjang, gasing, yoyo, dan lainnya.

Sudah 4 tahun berjalan perkembangan Yayasan Kampung Lali Gadget  bahkan di luar ekspektasinya. Semakin banyak anak-anak yang tertarik untuk menghabiskan waktu akhir pekan di tempatnya, termasuk beberapa sekolah yang ingin bekerjasama untuk pembelajaran siswa. Irfan juga menggandeng Komunitas Cangkrukan Surabaya untuk memberikan pemahaman tentang cara tepat mendidik anak. 

Kampung Lali Gadget mulai banyak dikenal masyarakat. Bahkan masyarakat dari luar kabupaten seperti Gresik, Surabaya dan Malang pun aktif di kegiatan mereka. Sejumlah komunitas dan relawan juga turut bergabung untuk menyukseskan acara ini. Namun Nicho merasa belum puas dengan apa yang diraihnya, dia bercita-cita menjadikan Kampung Lali Gadget sebagai wahana edukasi dan wisata yang benar-benar bisa membuat anak melupakan gadget dan mengalihkannya dengan kegiatan kreatif.

Suarasurabaya.net


Dampak dibangunnya Kampung Lali Gadget ini, di antaranya :

  1. Merubah pola pikir dan kebiasaan anak-anak peserta program KLG.
  2. Merubah pola pikir orang tua dalam mengasuh anak.
  3. Munculnya kegiatan kreatif dan edukatif yang selalu dinantikan masyarakat.
  4. Tumbuhnya kecintaan terhadap budaya lokal, berupa permainan, dan lagu-lagu daerah pada anak-anak.
  5. Kesadaran akan kecanduan gadget di masyarakat semakin meningkat, jadi para orang tua harus aware akan hal ini.

Tidak hanya berdampak pada anak-anak saja tapi Kampung Lali Gadget juga berdampak besar kepada UMKM yang ada disekitar wilayah. Dalam setiap event yang digelar di Kampung Lali Gadget, ada sekitar 10 UMKM yang bisa memanfaatkannya untuk meraup keuntungan. UMKM yang konsisten dan bertahan setiap hari ada tiga UMKM, belum lagi penjual jajanan keliling yang sering mampir ketika ada anak-anak bermain.

Banyak sekali tantangan yang dirasakan oleh irfandi salah satunya tantangan di era digital seperti sekarang Ia mengatakan bahwa, perkembangan teknologi yang sangat besar sehingga menjadikan hal-hal berbau kesederhanaan, kehidupan desa, kearifan lokal, semakin ditinggalkan.

Walaupun dihadapi dengan banyak sekali rintangan tidak menyurutkan semangat irfandi untuk terus berjuan mengembangkan Kampung Lali Gadget. Semangat Achmad Irfandi dalam menyelamatkan anak-anak dari kecanduan gadget ini patut untuk didukung oleh semua lapisan masyarakat. Dengan demikian, tujuan-tujuan dari berdirinya Kampung Lali Gadget ini dapat tercapai dengan baik. Seperti mulai berkurangnya tingkat kecanduan gadget pada anak, hingga mulai dikenalnya budaya lokal oleh anak-anak. Ciptakan kembali senyum anak Indonesia melalui budaya dan permainan tradisional, karena kita satu Indonesia!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SARINAH Akan Mewujudkan Tagline "The Window Of Indonesia" Senin, 19 Maret 2018 Sahabat TDB (Tau Dari Blogger) mendapatkan kesempatan untuk Ngobrol Bareng Sarinah bersama Direktur Utama PT. Sarinah Persero GNP Sugiarta Yasa, Direktur Retail Lies Permana Lestari dan Direktur Keuangan Bayu Rafisukmawan. Ini merupakan pengalaman pertama dan pengalaman yang berharga bagi saya, karna saya bisa tau tentang sejarah dari Sarinah dan perkembangan Sarinah di era digital sekarang. Sarinah adalah Pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dengan 15 lantai yang terletak di Thamrin, Jakarta. Pada 17 Aguatus 1962 Presiden Soekarno melakukan peletakkan batu pertama dan pada tahun 1967 Sarinah diresmikan oleh Presiden Soekarno. Proyek monumental ini sebagai Departement Store dan Pengembangan Perekonomian Usaha Kecil. Sarinah merupakan Gedung pencakar langit pertama di Jakarta, kemudian Sarinah menjadi ikon dan magnet warga kota pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia. N...

Cukup Satu Website Sudah Bisa Mendapatkan Berbagai Macam Tutorial dan Tips&Trik

Hai Kawan. Tutorial adalah bimbingan belajar atau bantuan yang diberikan seseorang bersifat akademik dan non akademik oleh tutor, untuk membantu kelancaran proses belajar secara perorangan atau kelompok. Tutorial bisa dilaksanakan secara tatap muka atau jarak jauh, apalagi di era seperti sekarang ini semua sudah serba canggih jadi mempermudah untuk melakukan tutorial. Biasanya tutorial dilakukan oleh mahasiswa dengan tutor (pembimbing) dosen atau teman sebaya, dan dilakukan setelah jam mata kuliah selesai. Mereka akan membahas berbagai macam mata kuliah yang mereka kurang mengerti atau membahas lebih dalam lagi tentang materi tersebut. Dari berbagai sumber bacaan mereka mengumpulkan materi tersebut, setelah itu baru mereka satukan beberapa materi untuk dijadikan panduan mereka menyelesaikan tugas. Tapi, kawan ternyata sekarang tutorial dilakukan bukan hanya dikalangan mahasiswa atau pelajar saja kawan, semua orang seperti : Pekerja kantoran, Ibu rumah tangga, Freelancer ju...

Berobat Lebih Nyaman dan Mudah Bersama Aido Health

Halo Kawann Mempunyai tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang, karna kesehatan merupakan harta yang paling berharga dan tak ternilai harganya. Hampir semua orang berusaha untuk menjaga tubuhnya agar selalu sehat dan fit dengan berbagai cara yang dilakukan mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat, rutin olahraga, menjaga kebersihan dan memberlakukan pola hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri. Kesehatan merupakan sebuah kondisi yang stabil atau umum dalam sistem koordinasi badan dan jiwa raga manusia atau makhluk hidup lainnya pada rata – rata normal. Menurut WHO (World Health Organization) Kesehatan terbagi menjadi dua, yaitu : Sehat Jasmani adalah kesehatan yang berhubungan dengan badan atau tubuh seseorang atau bisa dikatakan dengan seseorang yang bebas dari bebagai macam penyakit. Lalu Sehat Mental yang dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak besar terhadap kepribadian dan perilaku seseorang, ada banyak orang yang memiliki masalah ...