“RIKI RHINO” Film Animasi yang Berpesan Peduli Terhadap Lingkungan dan Melindungi Satwa Langka


Haii Kawan.

Hewan Langka adalah Hewan yang sulit dicari atau ditemukan karena jumlahnya yang sangat sedikit atau populasinya sangat menurun cepat dan jumlahnya diseluruh dunia kurang dari 10.000 ekor. Hewan terancam punah karena perkembangbiakan yang sangat lambat, jumlah betina mulai habis, habitatnya rusak dan banyaknya pemburuan liar pada hewan.

Indonesia dikenal sebagai negara paling kaya dan berlimpah akan budaya dan sumber daya alam nya, termasuk hewan dengan berbagai jenis ada dari setiap wilayah di Indonesia memiliki hewan khasnya. Tapi ternyata Indonesia pun juga dikenal sebagai negara yang paling banyak memiliki daftar panjang tentang hewan liar yang terancam punah. Menurut data dari IUCN 2003 ada 147 Jenis Mamalia, 114 Jenis Burung, 28 Jenis Reptil, 91 Jenis Ikan dan 28 Jenis Inverbata.

Jika hewan langka tidak ada yang melindungi atau menyelamatkan maka lama kelamaan mereka akan habis atau punah tidak ada satu pun yang tersisa. Nah ini menjadi tugas kita kawan untuk melindungi hewan langka dengan cara tidak melakukan pemburuan liar dan tidak merusak lingkungan hidup mereka, kita sebagai makhluk hidup harus saling tolong menolong karna hewan juga makhluk jadi kita harus bisa menjaga dan menyelamatkan mereka dari kejahatan orang yang tidak bertanggung jawab kawan.

Ada beberapa hewan yangterancam punah atau sudah punah di Indonesia, menurut data WWF (World Wide Fund for Nature), antara lain : 

1. Badak (Jawa)
2. Badak (Sumatra)
3. Harimau (Sumatra)
4. Orangutan (Sumatra)
5. Orangutan (Kalimantan)
6. Gajah (Sumatra)
7. Gajah (Kalimantan)
8. Penyu
9. Kangguru Pohon
10. Bekantan
11. Burung Rangkong
12. Beruang Madu
13. Macan Dahan
14. Kucing Emas
15. Kucing Congkok
16. Kambing Hutan
17. Kelinci (Sumatra)
18. Pesut Air Tawar
19. Hiu Paus

Dok.Pri
Ngomongin soal hewan langka nih kawan, saya baru saja nonton Press Screening Film Animasi tentang Hewan langka di Indonesia. Tepatnya sih hari Senin, 24 Febuari 2020 saya beserta ke 5 teman blogger mendapat undangan dari komunitas “GilaFilm” untuk menghadiri acara Press Screening dan Gala Premier Film Animasi asli Indonesia.

Film Animasi yang proses pembuatannya memakan waktu kurang lebih 4 tahun, mulai riset hingga pembangunan aset produksi, pemilihan pengisi suara, hingga produksi. Pemilihan cast sebagai Dubber menjadi aspek yang sangat penting dalam film ini, karena mereka akan menyuarakan pesan dan kesan dalam film animasi ini kepada masyarakat Indoneisa. Pertimbangan pengisi suara dalam film animasi ini, bukan hanya dari icon yang mewakili anak muda masa kini saja, tapi mereka yang mempunyai visi misi selaras dengan film animasi ini.

Dengan garapan salah satu Rumah Produksi yang sudah sangat sukses dengan film animasinya, membuat film animasi ini menjadi kelanjutan dari film animasi sebelumnya. Batavia Pictures mengembangkan karakter seekor badak sumatra  yang dikemas dalam petualangan bersama berbagai karakter hewan langkas Indonesia lainnya untuk melawan para pemburu hewan dan pelaku penebangan liar. Pada kali ini Rumah Produksi Batavia Pictures ingin mengedukasi dan mengenalkan berbagai hewan langka di Indonesia melalui Film Animasi Komedi.

Film yang bercerita tentang Riki Badak Sumatra yang kehilangan culanya setelah diambil oleh pemburu Mr. Jack, untuk mendapatkan kembali cula yang telah dicuri Riki memulai petualangan serunya bersama Beni sahabatanya. Riki kemudian mendapatkan lagi culanya dengan kekuataan tersembunyi yang diperoleh dari hewan yang diselamatkannya, kekuataan ini  yang membuat Riki mampu melakukan keahlian hewan lain dalam waktu tertentu.  Film ini diberi judul “RIKI RHINO”.

Dok.Pri
Lucki Lukman Hakim dan Genesis Timotius sebagai Produser “Film Riki Rhino” menuturkan bahwa industri perfilman Indonesia kian berkibar, banyak talenta yang semakin menunjukkan bakat mereka. Kami Batavia Pictures menghadirkan “Film Riki Rhino” sebagai film hiburan bagi keluarga Indonesia, karna film ini merupakan produk asli anak-anak muda Indonesia dengan harapan film ini bisa menjadi titik awal dari kemajuan industri kreatif film animasi di tanah air.

Sebagai pencetus cerita “Film Riki Rhino” Jony Yuwono, mengatakan bahwa film ini menggabungkan berbagai aspek penting agar bukan hanya menjadi hiburan saja, tapi juga memberikan makna dan pesan. “Film ini dibuat dengan sepenuh hati dan proses pengembangan cerita mempertimbangkan berbagai aspek. Mencoba menggabungkan aspek persahabatan, konservasi dan pentingnya kita peduli lingkungan yang dikemas dalam sebuah film animasi dengan dicampurkan bumbu komedi, kami mencoba menghadirkan karya yang tidak  hanya bermakna namun tetap menghibur bagi semua keluarga Indonesia”.

Dengan menggandeng salah satu aktor ternama dan salah satu pendiri Yayasan Indonesian Ocean Pride, yaitu Hamish Daud, Ia langsung tertarik ketika diajak menjadi bagian dari “Film Riki Rhino”. Kata Hamish Daud “Film Riki Rhino ini  sangat menarik dan sesuai dengan interest di isu lingkungan, ketika ditawarkan saya lansgung terima ajakan untuk menjadi dubber suara Riki”.

Dok.pri
Selain Hamish Daud, ada beberapa aktor dan aktris yang menjadi Dubber di “Film Riki Rhino”, kawan mau tau siapa saja Dubbernya nih saya kasih tau yaa  :
  1. Hamish Daud sebagai Riki
  2. Ge Pamungkas sebagai Beni
  3. Dimas Danang Suryanegoro sebagai Master
  4. Mikaela Lee sebagai Rara
  5. Niken Anjani sebagai Nina
  6. Mo Sidik sebagai Bogeng
  7. Aurel Hermansyah sebagai Tuan Putri Bebek
  8. Raden Mas Cemen sebagai Jathul
  9. Zack Lee sebagai Mr. Jack
  10. Arsy Hermansyah sebagai Tukik
  11. Ridwan Kamil sebagai Elang Jawa
Mo Sidik, Ge Pamungkas dan Cemen mengatakan banyaknya komika yang terlibat  merupakan jaminan kelucuan film ini. “Film Riki Rhino memikat dan menarik, kita belajar tentang aneka isu lingkungan lewat film animasi. Semua keluarga harus nonton orangtua, anak bisa menikmati dengan harapan bisa memberikan banyak tawa bagi para penonton”.

Niken Anjani sebagai Nani pemburu wanita satu-satunya menuturkan film ini related dengan situasi hari ini “Film Riki Rhino ini kocak banget, seru karena karya anak bangsa juga makin keren-keren ya dan bisa dinikmati seluruh keluarga. Meskipun baru sekali terlibat di film animasi, tapi saya mencoba menirukan gaya karakter yang saya perankan sambil menikmati filmnya memang related banget sama kita hari ini”.

Tidak hanya para Dubber saja yang keren-keren kawan, “Film Riki Rhino” juga mendapat dukungan dari Larutan Penyegar cap Badak dari Sinde yang juga memiliki semangat yang sama dalam hal pelestarian hewan langka dan meningkatkan kejayaan industri kreatif lokal.

Buat kawan semua jangan lupa untuk saksikan “Film Riki Rhino” tanggal 27 Februari 2020 serentak diseluruh bioskop Indonesia. Saya nanti mau ajak Aqilla buat nonton film ini karna banyak sekali pelajaran atau pesan yang bisa diambil setelah nonton film ini, apalagi Aqilla lagi dimasa keinginan taunya tentang berbagai hal jadi pas banget nihh buat film hiburan pas weekend. Kawan Jangan lupa nonton juga ya. 


Foto Kak Fauziah



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berobat Lebih Nyaman dan Mudah Bersama Aido Health

Cukup Satu Website Sudah Bisa Mendapatkan Berbagai Macam Tutorial dan Tips&Trik